Selasa, 05 Oktober 2010

1 tahun padang menagis PART 2

milkysmile

be
hmmm...
pulang kuliah langsung OL mantap denk....
kebetulan juga sang Modem lagi baik hati,gak eror (cuma untuk hari ini).
jadwal kuliah padat bgt,bikin ue kocar kacir tiap hari,blum lagi labor nya....
blum juga mata kuliah yang yang semua berhubungan dengan istilah2 medis yang gue pusing buat ngapalnya,sedikit capek,tapi ini ilmu yang mahal buat gue,biaya kuliah yang mahal,lagian ni juga buat gue dan masa depan gue nantinya....

oke sekarang kita balik lagi ke..
di 1 tahun padang menagis PART 1...

karna yang gue tulis kemaren ada sambungan nya
maka dari itu gue lanjutin
di 1 tahun padang menangis PART 2...

sekaramg gue masih inget banget suasana saat gempa itu terjadi,
sebelumnya gue lupa...
tanggal 1 oktober 2009 tepatnya sesudah tanggal 30 september,
gue dan temen2 di kampus bakal ikutan Training ESQ yang betempat di Rocky hotel.
dan pada saat gue pulang ke rumah gue masih mikir ke Rocky hotel ini sama siapa ???
lah jam 7 pagi udah harus ada disana...
trus pulang nya sama apa??
ada gak ya yang mau jemput gue ???trainingnya kan selesai habis shalat magrib...

dan gempa pun terjadi...
seperti yang gue bilang di PART 1...
gue di rumah pada saat gempa terjadi cuma ber 2 sama ajib ponakan gue..
sekitar 1 jam setelah gempa baru kakak gue pulang,nyampe rumah dikit nangis liat gue sama ajib,dan terkesima liat luka di kaki gue,dia buru2 masuk rumah air minum,betadine ama kapas yang buat bersihin muka.saking panik nya tu air di suruh gue minum karna dia liat muka gue udah pucat pasi,dan saking panik nya lagi,tuh air minum sisa yang habis gue minum,di siramin ke kaki gue yang udah penuh darah,trus numpahin betadine banyak2 ke kapas trus ditempelin kekaki gue,gile...sakit banget...

dan disaat gue teriak kesakitan itu.
gue masih mikir...
gue ke Rocky hotel sama siapa ???
yang ngantar siapa ???
ada yang mau jemput gak ya ???

dan sampe sekarang gue ngak ngerti,kenapa gue malah mikir kayak gitu,
kenapa gue ngak kepikiran,
"semoga aja ESQ gak jadi dan gue gak pusing2 mikirin gue pergi sama siapa dan pulang sama siapa..!!!"

*ketawa sendiri sambil garuk2 pantat...

dan semua udah berlalu :')
sebuah kedodolan yang melanda jiwa dan raga gue....

dan lanjut...
saat gue di bawa ke rumah sodara gue,blum tau gimana keadaan kota padang setelah gempa,yang gue tau di sekitar rumah gue banyak terjadi kebakaran,dan yang gue tau juga kalo terjadi tsunami pasti air lautnya bakalan sampai sini (sotoy)...
setelah banyak sodara yang ngumpul baru gue denger kabar buaaannnyakkk banget,
yang pertama gue tau
1. Ambacang hotel hancur,gue juga ngak tau tentang ni hotel,gue cuma sering lewat sini,ada KFC disebelahnya,dan yang gue tau hotel ini ada tulisan di pinggiran atap nya THE AMBACANG HOTEL...hotel yang seperti bangunan tua ini menurut gue hmmmm bagus lah karna gue suka bentuk gedungnya dan warnanya...gue juga pernah berenang di hotel ini,lumayan lah...
dan ini ambacang hotel sebelum gempa



gue suka banget liat gedungnya yang kalo di liat sekilas pasti kita mikir ni gedung cuma 2 lantai...padahal masih ada di atasnya
gue juga suka atapnya,unik banget...
dan ini setelah gempa terjadi...


kasian banget gue liatnya,ambacang hotel udah gak megah kayak dulu lagi,sudah seperti puzzel...hancur semua,dan banyak banget korban yang tertimpa reruntuhan,terjebak di dalem nya yang gak sempat nyelamatin diri..dan korban yang paling banyak terdapat disini,lebih dari 1 minggu di evakuasi dan terus ditemukan korban yang udah gak enak baunya...
Banyaknya korban di hotel itu karena sedang ada pelatihan teknis dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar yang diikuti sekitar 100 orang.

2. Gedung bimbingan belajar LIA Amruk,di jalan Khatib Sulaeman, Padang Sumatera Barat.gue dapet informasi bahwa saat itu sekitar 30 siswa sedang melaksanakan ujian di lantai 2.
3 siswa sekolah yang tengah mengikuti bimbingan belajar bahasa asing LIA,ditemukan dalam kondisi tewas tertimbun reruntuhan.Sementara untuk siswa lainnya yang belum ditemukan.

3.gedung C gama tarandam,yang juga ikutan ambruk,Suasana pencarian jenazah para pelajar yang mengikuti les privat sangat memilukan. Puluhan orangtua menunggu proses evakuasi yang lamban di tengah hujan deras. Satu per satu mayat diangkat, dan langsung disambut jerit histeris.Tim evakuasi terus berupaya menyelamatkan korban satu per satu. Sebanyak 19 orang sudah dinyatakan tidak bernyawa, namun, para orangtua masih berharap anak-anak mereka diselamatkan. Ada 60 pelajar yang sedang mengikuti les ketika gempa dahsyat terjadi.

cuma ini yang gue tau saat itu..

dan gue cari informasi lagi..
ternyata Proses evakuasi terhadap korban tertimbun di beberapa reruntuhan gedung terasa sangat lambat karena terbatasnya jumlah alat berat. Korban terbanyak adalah di Bimbel Gamma dan Hotel Ambacang yang menimbun sekitar 200 orang serta hotel bintang empat di sebelahnya, Bumiminang. Gedung berlantai delapan itu ambruk sebagian, bentuk hotel sudah miring dan bergeser dari pondasinya.

Korban lainnya tersebar menunggu evakuasi. Di Adira Finace diperkirakan sekitar 30-40 orang tertimbun, di Pasar Inpres I Pasaraya Padang diperkirakan 100 orang, dan Kantor Gubernur Sumbar dua orang. Begitu juga di Sugama College Jl Veteran Padang, diperkirakan 20-30 korban, STBA Prayoga sekitar 100 mahasiswa, LIA-LBA sekitar 60 orang, bimbel Quantum diperkirakan 30 orang.

huftt merinding gue nginget nya...
gak nyangka begitu banyak korban saudara2 kita,bukan hanya di padang,tapi di pariaman juga,gue gak terlalu banyak dapet informasi korban yang di pariaman.

terlalu banyak luka dan kepedihan pasca gempa ini,banyak gedung yang miring,hancur,roboh,korban dimana2,apa lagi korban anak2 yang gue sangat gak kuat dengernya,

kebayang bagi gue gimana perasaan orang tua nya,
saat anaknya berangkat dari rumah buat belajar nambah ilmu,berpamitan,mengucapkan "Assalammualaikum ma... aku berangkat..."
di saat itu pula mereka merasa ada tanggung jawab untuk menyelesaikan pelajaran nya hingga usai sore itu,
tapi Allah berkata lain,disaat mereka belajar,konsentrasi,dan serius disaat belajar, dan berberharap meraih juara disekolah nya dan sangat ingin mendengarkan ucapan ibu dan ayahnya yang berkata "pintar ya anak mama...mama bangga punya anak seperti kamu sayang...mama ingin kamu jadi anak yang berhasil ya nantinya,dan dapat meraih cita2 kamu.."
Allah memberikan goncangan yang dasyat,cobaan yang begitu berat,
mereka....
anak anak bangsa yang sedang menuntut ilmu,yang ingin sekali membanggakan orang tua nya,tertimbun dibawah reruntuhan di tempat mereka bersama2 belajar,yang selalu hangat dengan tawa riang semangat mereka...
yang berpamitan mencium tangan sang ibu tersenyum,bersemangat,
tapi disaat pelajaran belim usai mereka telah kembali pulang ke pangkuan yang Kuasa yang menciptakan mereka,dengan tubuh yang pucat tak berdarah ditemukan di sela2 serpihan2 gedung,tak lagi tertawa riang,tak lagi tersenyum hangat,tak lagi terdengar suara mereka..
hanya terdengar suara tangisan ibu dan ayah mereka...

selamat jalan saudara ku...
tempat mu tempat yang terindah....

doa kami untuk mu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar